Kamis, 27 Januari 2011

Sepeda


Alat transportasi
Dari dulu sampai sekaran pun sepeda merupakan alat transportasi yang popular. Sepeda digunakan para petani untuk pergi ke sawah. Mereka biasanya juga menggunakan sepeda jenis jengki atau sepeda onthel kuno. Biasanya para petani menggunakan sepeda untuk mengangkut hasil panennya. Sepeda juga dipakai oleh para peternak untuk membawa binatang ternaknya ( seperti kambing) ke tempat pasar hewan. Untuk membawa kambing mereka sebelumnya telah memasang wadah dibelakang sepedanya. Mereka juga menggunakan sepeda untuk mencari pakan ternak mereka. Bagi pelajar, sepeda digunakan untuk mereka berangkat ke sekolah. Juga mereka gunakan untuk bermain di sekitar kampung.
Ternyata sepeda masih banyak digunakan walaupun sekarang banyak bermunculan kendaraan bermotor yang lebih cepat dan bisa menempuh jarak yang jauh. Walaupun tetap kita tidak dapat menyangkal bahwa kini sepeda banyak ditinggalkan karena adanya sepeda motor. Motor menjadi kendaraan paling banyak digunakan sekarang ini. Karena keunggulannya tersebut motor menjadi kendaraan yang mampu menggantikan peran sepeda. Hingga akhirnya kini sepeda mulai merangkak naik kepermukaan lagi seiring dengan dampak negative dari terlalu banyaknya gas buang yang membahayakan bagi lingkungan dan mahkluk hidup. Semakin panasnya bumi kita dan macetnya jalan-jalan di kota membuat para pecinta sepeda kembali menggeliat untuk menjadikan sepeda sebagai alat transportasi alternative. Kampanye go green dan global warming pun bermunculan. Dan sekarang sering kita lihat para karyawan menggunakan sepeda untuk mobilitasnya ke kantornya. Juga banyak dari mereka membuat komunitas sepeda untuk ke kantor yang biasanya disebut dengan “Bike to Work”. Kemudian dari Bike to Work sekarang bermunculan lagi komunitas yang lain seperti Bike to School atau Bike to Campus, yang dibentuk oleh para pelajar dan para mahasiswa.
Stop Global Warming
Seiring kampanye go green dan stop global warming turut juga tumbuhnya komunitas-komunitas sepeda di masyarakat kita. Baik dari anak kecil sampai kakek-nenek kini mulai kembali meramaikan penggunaan sepeda. Sepeda menjadi salah satu alat yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi emisi gas buang dari kendaraan bermotor. Dengan berkurangnya penggunaan kendaraan bermotor dan beralih menggunakan sepeda pemanasan global itu dapat dikurangi.
Lingkungan kita yang semakin panas ini membuat kita memutar otak untuk bagaimana menguranginya. Kemudian sekarang semakin marak penggunaan sepeda dari berbagai komunitas. Semakin seringnya juga diadakan acara-acara dengan menyertakan sepeda santai. Sebagai contoh HUT PDAM Sragen tahun 2010 mengadakan acara sepeda santai berkeliling sekitar kota Sragen dengan menyertakan kupon untuk undian berhadiah bagi para peserta. Hal ini tentu sangat positif untuk membangun masyarakat kita untuk kembali mencintai penggunaan sepeda, dan yang pasti dapat mengurangi dampak dari pemanasan global.

Hobby
Ternyata sepeda tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi saja, melainkan banyak dari peinta sepeda menjadikan kegiatan bersepeda sebagai hobby. Ada dari lingkungan sekitarku, setiap pagi sesudah shubuh sudah ngegowes sepeda kesayangannya berkeliling kota berjam-jam sebelum akhirnya dia berangkat kerja. Hal ini dia lakukan setiap pagi dan kadang juga sore hari setelah pulang dari kantornya. Bahkan setiap akhir pekan dia mengajak serta keluarga berkeliling kota bersama-sama dengan para pecinta sepeda lainnya dan akhirnya berkumpul di car free day di jalan raya yang telah dibuat PEMKAB.
Dari contoh di atas menunjukkan bahwa macam-macam hobby itu lebih banyak lagi, salah satunya bersepeda. Bersepeda tidak hanya bermanfaat sebagai penyalur hobby seseorang saja. Melainkan mempunyai banyak keuntungan lainnya juga. Tentu keuntungan itu tidak mempunyai dampak yang buruk bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
Ajang kreatifitas
Dengan berkembangnya berbagai varian sepeda hingga saat ini membuat para pecinta sepeda di Indonesia semakin kreatif. Baik itu pecinta sepeda dari komunitas atau kalangan sendiri. Karena banyak dari jenis sepeda yang sekarang sedang digemari itu mahal jika membelinya jadi maka para pecinta sepeda ini merangkai sepeda yang mereka inginkan dengan biaya yang bisa lebih diminimalisir.
Dari jenis sepeda Onthel tua, jengki, MTB, downhill, BMX, low rider hingga sekarang ada jenis sepeda yang sedang popular-populernya di kalangan anak muda yaitu sepeda Fixie. Dengan mempertimbangkan harga dari sepeda-sepeda yang berkualitas dan mempertimbangkan dari budget yang mereka punya timbul gagasan untuk membuat model sepeda seperti yang mereka inginkan dengan budget yang terjangkau. Dari itu lah yang bisa membuat para pemuda sekarang menjadi lebih kreatif.
Jenis sepeda yang kini banyak diminati untuk meng-customnya sendiri adalah sepeda jenis low raider dan Fixie. Dua jenis sepeda di atas menjadi wujud ekspresi dari perasaan anak muda. Mambangunnya tidak ada batasan apapun. Dengan kemampuan dan daya imaginasi serta kreatifitas mereka membangun sepeda yang mereka inginkan.
Lifestyle
Tidak hanya baju, sepatu dan aksesoris saja yang kini menjadi gaya hidup di masyarakat kita. Sepeda kini menjadi barang yang dapat menunjukkan ciri dari pribadi seseorang. Hal ini dapat kita lihat dari jenis sepeda dan warna sepeda apa yang dia miliki. Sepeda downhill menunjukkan bahwa orang tersebut suka dengan petualangan-petualangan yang menantang. Warna sepeda merah jambu mencirikan bahwa pemiliknya adalah seorang yang feminine. Kita juga dapat melihat seorang itu dari kalangan atas, menengah atau kalangan kelas bawah. Sepeda dengan merk yang hanya dapat dibeli bagi mereka yang berduit menunjukkan mereka itu dari kalangan kelas elite. Begitu juga dengan kelas-kelas yang lain.
Investasi
Rumah, tanah dan perhiasan mungkin sudah tidak asing kita dengar sebagai sarana untuk berinvestasi. Namun kini sepeda pun dapat menjadi alat investasi yang menggiurkan. Sekarang banyak kolektor sepeda yang membeli sepeda dari jenis sepeda antic dan kuno. Mereka rela membeli sepeda itu dengan harga yang sangat fantastic mahalnya. Ada juga di pedesaan kakek-kakek yang mempunyai sepeda jenis onthel tua yang masih dia rawat dengan sangat baik menjadikan sepedanya tidak hanya sebagai alat transportasi namun juga menjadikan sepedanya sebagai warisan kepada anak dan cucu-cucunya. Orang-orang ini tidak mau menjual sepeda yang mereka miliki meski ditawar dengan harga semahal apapun.
Olahraga
Sepeda tidak sekedar hobby, alat transportasi atau juga sarana investasi. Namun dengan bersepeda kita mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kita. Bersepeda dapat juga kita katakan bahwa kita sedang olahraga. Para ahli mengatakan bahwa dengan kita rutin bersepeda dapat menjadikan kita mempunyai nafas yang panjang. Dari sana kita dapat mengambil manfaat-manfaat lain yang masih banyak lagi bagi kesehatan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar